A. Pengertian Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni
Ilmu Pengetahuan adalah bagian yang
esensial bagi manusia, karena ilmu pengetahuan merupakan hasil dari
"berpikir" manusia. Salah satu hal yang membuat peradaban manusia
semakin berkembang adalah pengetahuannya tentang teknologi.
Istilah teknologi barasal dari
kata techne dan logia. Kata Yunani kuno techne berarti seni kerajinan. Dari
techne kemudian lahirlah technikos yang berarti seseorang yang memilki
keterampilan tertentu. Dengan berkembangnya keterampilan seseorang yang menjadi
semakin tetap karena menunjukkan suatu pola, langkah dan metode yang pasti,
keterampilan itu lalu menjadi teknik.
Istilah “teknologi” berasal dari
“techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi
dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya
adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan
akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat
lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Menurut Jaques Ellul (1967: 1967) memberi arti teknologi sebagai ”keseluruhan metode yang secara
rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi
dalam setiap bidang kegiatan manusia.” Pengertian teknologi secara umum
adalah:
- Proses yang meningkatkan nilai tambah
- Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk
memudahkan dan
meningkatkan kinerja
- Struktur atau sistem di mana proses dan
produk itu dikembamngkan dan digunakan.
Ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK) sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Dengan adanya perkembangan IPTEK
manusia medapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya
sehari-hari. Bahkan saat sekarang ini hampir setiap orang itu tidak bisa
terpisah dari adanya teknologi, setiap orang memanfaatkan alat komunikasi
langsung jarak jauh seperti handphone untuk berhubungan dengan orang lain yang
berjauhan. Jika ingin bepergian ke luar negeri tidak lagi memerlukan waktu yang
lama, karena kita dapat menggunakan pesawat terbang, dengan beberapa menit saja
kita sudah sampai di tempat tujuan yang dituju.
Selain itu
berbagai kegiatan yang pada awalnya dilakukan dengan menggunakan banyak tenaga
manusia untuk mengerjakannya, kini dengan adanya perkembangan IPTEK semuanya
itu dapat teratasi dengan penggunaan tenaga mesin untuk melakukan pekerjaan
tersebut dengan waktu yang relative lebih cepat daripada menggunakan tenaga
manusia secara manual.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya
perkembangan IPTEK, manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai
kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar akan adanya berbagai
macam ancaman yang dapat ditimbulkan oleh adanya perkembangan IPTEK tersebut,
yang akan dapat membahayakan bagi manusia itu sendiri.
Janet Woll mengatakan bahwa seni
adalah produk social. Sedangkan menurut Kamus B.Indonesia, seni adalah keahlian
yang membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya,
dll), seperti tari, lukis, ukir, dll.
Seni juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang
diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seni sangat sulit untuk
dijelaskan dan juga sulit dinilai. Dalam faktanya,
kesenian merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tak terpisahkan dimana
ada kesenian di situ ada manusia.
B.
Pengaruh IPTEK Bagi
Kehidupan Manusia
Diantara
bidang yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK adalah bidang pendidikan,
bidang informasi dan komunikasi, bidang ekonomi dan industri, dan bidang
politik.
1. Bidang Pendidikan
Beberapa dampak positif dan negative
dari perkembangan teknologi terkait dengan dunia pendidikan, yaitu:
a. Dampak Positif
·
Munculnya
media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
pendidikan. Seperti jaringan internet, lab computer sekolah, dll.
·
Dampak dari
hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga
siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap informasi yang
diajarkan oleh guru di sekolah, tetapi mereka juga bisa mengakses materi
pelajaran langsung dari internet.
·
Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran.
·
Sistem
pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
·
Adanya
sistem pengolahan data hasil penelitian yang menggunakan pemanfaatan teknologi.
·
Pemenuhan
kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat.
b. Dampak Negatif
·
Siswa
menjadi malas belajar.
·
Terjadinya
pelanggaran asusila.
·
Munculnya
media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat
pendidikan yang dapat disalah gunakan oleh siswa.
·
Munculnya
metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam
proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.
·
Kerahasiaan
alat tes untuk pendidikan semakin terancam.
·
Penyalah
gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
2. Bidang Informasi dan Komunikasi
Beberapa dampak positif dan negative dari
perkembangan teknologi terkait dengan dunia pendidikan,
yaitu:
a. Dampak Positif
·
Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan
terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
·
Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh
hanya dengan melalui handphone.
·
Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan
lain-lain .
b. Dampak Negatif
·
Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).
·
Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet
yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
·
Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat
memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan
tes psikologi secara langsung dari internet.
·
Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi
komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file
penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena
teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
3. Bidang Ekonomi dan Industri
a. Dampak Positif
·
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
·
Terjadinya industrialisasi.
·
Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
·
Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu
menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
b. Dampak Negatif
·
Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi
yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
· Sifat konsumtif sebagai
akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi
yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan
pintas yang bermental “instant”.
4. Bidang Sosial dan Budaya
a. Dampak Positif
·
Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa
kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik
dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku
ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
·
Meningkatnya rasa percaya diri Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia
melahirkan fenomena yang menarik.
·
Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai
konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan
pekerja keras.
b. Dampak Negatif
·
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan
remaja dan pelajar.
·
Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat.
·
Pola interaksi antar manusia yang berubah
C. Peranan Seni Bagi Manusia
1. Kesenian
Sebagai Pembentuk Peradaban Manusia
Kesenian dalam kehidupan
manusia ikut mendidik manusia dan masyarakat menjadi beradab, agar kehidupan
manusia menjadi lebih harmonis. Seni menjadikan manusia berbudi luhur.
2. Karya-karya seni pada
zaman primitif merupakan alat-alat yamg mampu menimbulkan suasana magis dan
misterius dalam pemujaan serta kehidupan pada waktu itu. Juga karya-karya
kesenian klasik yang puitik heroik maupun karya-karya modern, kesemuanya
memberi pengaruh yang besar dalam peradaban manusia.
3. Kesenian
Sebagai Kebutuhan hidup
Dalam
istilah lainnya dapat diartikan sebagai seni terpakai, seni yang digunakan
atau, dipakai atau yang lebih tepat sebagai seni terapan. Seni ini diterapkan
pada sesuatu maksud atau benda, menurut kegunaannya tanpa melepaskan segi
keindahannya. Jadi disamping memiliki keindahan
wujud, juga memiliki nilai kegunaan wujud. Misalnya jambangan-jambangan atau
guci dari tiongkok kuno, ujud serta permukaannya dibentuk dan dihias demikian
indah, tanpa menghilangkan fungsi jambangan itu. Manusia ingin melepaskan dan
mencurahkan keinginan keindahan ke seluruh hidupnya.
4. Kesenian untuk
Kebahagiaan Seni
5. Kesan untuk memberi
inspirasi seni dan kebahagiaan seni, terutama kepada seniman. Ia mengerjakan
seni karena disitu ada kebahagiaan yang merupakan kebutuhan, walaupun hasilnya
nanti untuk dinikmati oleh para penonton.
6. Secara keseluruhan
kesenian hanyalah ditujukan untuk kebahagiaan manusia, baik kebahagiaan manusia
secara materi maupun spirituil. Kesenian diciptakan oleh manusia untuk
melengkapi kebahagiaan manusia seluruhnya.
7. Ternyata seni
mempunyai peranan dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan
hasrat mengungkapkan atau menyatakan perasaan pribadi mengenai aspek-aspek
pokok kehidupan sehari-hari tentang kelahiran, cinta, perkawinan, iri hati,
kematian dan lain-lainnya.
8. Disamping memenuhi
kebutuhan dalam hubungan kegiatan sosial kita mengenai situasi politik,
ekonomi, kepercayaan, menyatakan keinginan atau tujuan bersama, menyusun
komunikasi antar individu, mempengaruhi situasi masyarakat dan lain-lainnya.
Juga memenuhi kebutuhan fisik seperti gedung, alat pengangkutan, alat
penyimpanan, bahan pembungkus.
Jadi
peranan seni dalam kehidupan manusia merupakan suatu cara atau usaha hasil budi manusia untuk mencapai
tujuan, kebahagiaan atau kesejahteraan. Inilah
kenyataan tentang suatu gejala aktivitas manusia yang dinamakan seni.
D. Fungsi Seni dalam Kehidupan
Menurut antropologi,kesenian adalah salah satu unsur
budaya manusia. Kita dapat merasakan dalam pengalamaan hidup
seari-hari, betapa kita berbagai bentuk.
Berdasarkan fungsinya
sebagai pemenuh kebetuhan, seni dibagi menjadi beberapa kolompok.
1. Fungsi individual
Manusia terdiri dari unsur fisik dan unsur psikis. salah
satu unsur psikis adalah emosi. Maka fungsi individual ini dibagi menjadi fungsi
pemenuhan kebutuhan secara fisik dan psikis/emosional.
a. Fisik
Fungsi ini banyak dipenuhi melalui seni pakai yang
berhubungan dengan fisik. Seperti, busana, prabot, rumah. Dan sebagainya.
Contoh yang seni murni adalah musik senam
B
. Emosional
Dipenuhi
melalui seni murni, baik dari segi si pembuat/penggubah, maupun konsumen
penikmat. Contohnya, lukisan, novel, musik, tari, film, dan sebagainya.
2. Fungsi
sosial atau kelompok
Fungsi
sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relatif
bersamaan. Fungsi ini dikelompokan menjadi beberapa bidang.
a. Rekreasi/ hiburan
Seni
dapat dijadikan sebagai sarana melepas kejenuhan atau kesedihan. Hal itu dapat
terjadi misalkan pada saat kita menyaksikan, musik, tarian, film, dan lawak.
b. Komunikasi
Seni
dapat digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu, seperti pesan, kritik, kebijakan, gagasan , dan produk
kepada orang banyak. Contoh : lagu balada, poster, drama komedi, dan reklame.
Tema yang sering dibuat antara lain :
1) Ketidakdisiplinan
anggota masyarakat terhadap lingkungan.
2) Himbauan
melaksanakan Program Pemerintah
3) Anjuran
kesehatan/kesejahteraan.
4) Ketidakadilan
suatu kebijakan
c.
Pendidikan
Pendidikan juga memanfaatkan seni
sebagai sarana penunjangnya.
Contoh : Gambar ilustrasi buku pelajaran, film ilmiah atau dokumenter, poster
ilmiah, lagu anak-anak, dan foto.
d. Religi/Keagamaan
Karya
seni dapat diijadikan ciri atau pesan keagamaan. Contoh: kaligrafi, busana
muslim/muslimah, arsitektur atau dekorasi rumah ibadah, lagu-lagu rohani.
Post A Comment:
0 comments: