Hakikat Pembelajaran IPA merupakan persiapan di masa depan, dalam
hal ini masa depan kehidupan anak yang ditentukan orang tua. Oleh
karenanya, sekolah mempersiapkan mereka untuk hidup dalam masyarakat
yang akan datang. Pembelajaran merupakan suatu proses penyampaian
pengetahuan, yang dilaksanakan dengan menuangkan pengetahuan kepada
siswa (Oemar Hamalik, 2008: 25). Bila pembelajaran dipandang sebagai
suatu proses, maka pembelajaran merupakan rangkaian upaya atau kegiatan
guru dalam rangka membuat siswa belajar. Proses tersebut dimulai dari
merencanakan progam pengajaran tahunan, semester dan penyusunan
persiapan mengajar (lesson plan) berikut persiapan perangkat
kelengkapannya antara lain berupa alat peraga dan alat-alat evaluasinya
(Hisyam Zaini, 2004: 4).
Berdasar beberapa pendapat diatas maka disimpulkan pembelajaran
adalah suatu proses dan rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka
membuat siswa belajar, pembelajaran juga merupakan persiapan di masa
depan dan sekolah mempersiapkan mereka untuk hidup dalam masyarakat yang
akan datang. Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran di SD yang
dimaksudkan agar siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang
terorganisasi tentang alam sekitar, yang diperoleh dari pengalaman
melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan, penyusunan
dan penyajian gagasan-gagasan hakikat pembelajaran ipa.
Post A Comment:
0 comments: