1. Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4-6 Sekolah Dasar
Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Untuk menjaga kelestarian dan kemurnian bahasa Indonesia maka diperlukan berbagai upaya. Contoh upaya untuk menjaga kemurnian bahasa Indonesia adalah dengan menuliskan kaidah-kaidah ejaan dan tulisan bahasa Indonesia dalam sebuah buku yang disebut dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). EYD dapat digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan benar, baik komunikasi secara langsung maupun tidak langsung.
Penanaman bahasa Indonesia sejak dini adalah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang bahasa Indonesia sejak anak masih kecil. Pelaksanaan pendidikan bahasa Indonesia pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan informal, pendidikan formal, maupun pendidikan nonformal. Pendidikan informal dilaku-kan oleh keluarga di rumah. Pendidikan ini dilakukan saat anak berada di rumah bersama dengan keluarganya. Sedangkan pendidikan formal dilaksanakan di dalam lembaga pendidikan resmi mulai dari SD sampai dengan perguruan tinggi. Dalam pendidikan formal ini gurulah yang berperan penting dalam menanamkan pengetahuan akan bahasa Indonesia. Sedangkan pendidikan nonformal dilaksanakan di luar rumah dan sekolah, dapat melalui kursus, pelatihan-pelatihan, pondok pesantren dan lain sebagainya.
Pendidikan bahasa Indonesia di lembaga formal dimulai dari SD. Jumlah jam pelajaran bahasa Indonesia di SD kelas I, II dan III sebanyak 6 jam pelajaran. Sedangkan kelas IV, V dan VI sebanyak 5 jam pelajaran. Banyaknya jumlah jam pelajaran Bahasa Indonesia dimaksudkan agar siswa mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia yang baik serta mempunyai kemampuan berpikir dan bernalar yang baik yang dapat disampaikan melalui bahasa yang baik pula.
2. Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi penting yang diajarkan di SD, karena bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia sebagai-mana dinyatakan oleh Akhadiah dkk. (1991: 1) adalah agar siswa ”memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan situasi dan tujuan berbahasa serta tingkat pengalaman siswa sekolah dasar”. Dari penjelasan Akhadiah tersebut maka tujuan pembelajaran bahasa Indonesia dapat dirumuskan menjadi empat bagian. Antaralain :
a. Lulusan SD diharapkan mampu menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.
b. Lulusan SD diharapkan dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia.
c. Penggunaan bahasa harus sesuai dengan situasi dan tujuan berbahasa.
d. Pengajaran disesuaikan dengan tingkat pengalaman siswa SD.
Butir (a) dan (b) menunjukkan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia SD yang mencakup tujuan pada ranah kognitif dan afektif. Butir (c) menyiratkan pen-dekatan komunikatif yang digunakan. Sedangkan butir (d) menyiratkan sampai di mana tingkat kesulitan materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan.
Dari tujuan tersebut jelas tergambar bahwa fungsi pengajaran bahasa Indonesia di SD adalah sebagai wadah untuk mengembangakan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa sesuai dengan fungsi bahasa itu, terutama sebagai alat ko-munikasi. Pembelajaran bahasa Indonesia di SD dapat memberikan kemampuan dasar berbahasa yag diperlukan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah menengah maupun untuk menyerap ilmu yang dipelajari lewat bahasa itu. Selain itu pembelajaran bahasa Indonesia juga dapat membentuk sikap berbahasa yang positif serta memberikan dasar untuk menikmati dan menghargai sastra Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia perlu diperhatikan pelestarian dan pengembangan nilai-nilai luhur bangsa, serta pembinaan rasa persatuan nasional.
Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia dalam BSNP (2006) dijabarkan menjadi beberapa tujuan. Tujuan bagi siswa adalah untuk mengembangkan kemampuannya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya. Adapun tujuan bagi guru adalah untuk mengembangkan potensi bahasa siswa , serta lebih mandiri dalam menentukan bahan ajar kebahasaan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan siswanya. Tujuan bagi orang tua siswa adalah agar mereka dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program pembelajaran. Tujuan bagi sekolah adalah agar sekolah dapat menyusun program pendidikan kebahasaan sesuai dengan keadaan siswa dan sumber belajar yang tersedia. Sedangkan tujuan bagi daerah adalah agar daerah dapat menentukan sendiri bahan dan sumber belajar kebahasaan dengan kondisi kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan sosial.
About

Labels
- 4 Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Wajib Diketahui
- 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam Beserta Penjelasan dan Gambarnya
- A. Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli
- A.EFINISI BAHASA MENURUT PARA AHLI
- A.Jenis Sistem Perekonomian
- Akar
- Asli
- Aturan Menulis Arab Melayu
- BAB 2 PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP
- Bahasa indonesia
- Batang
- Besaran Fisika dan Satuan
- Bilangan Bulat
- BILANGAN REAL
- Cacah
- Cair Dan Gas
- Dampak
- dan Biji
- dan Komposit
- dan Tanda-tanda .
- Daun
- Desa kelahiranku
- Dosen Mufarizuddin
- Dosen Mufaruzuddin
- Dosen Pengampu
- Dosen Pengampu Mufarizuddin
- dosen pengampuh putri hana P
- Dosen Putri Hana P
- Dosen Rizki Ananda
- Dosen Yenni Fitra Surya
- Fadhilaturrahmi
- GERAK DASAR
- gerhana matahari
- Hakikat Pembelajaran IPA di Sekolah
- Hakikat Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
- HAKIKAT PENDIDIKAN JASMANI
- Jenis-jenis Penggolongan Hewan (Binatang)
- KARAKTERISTIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD)
- M.Jailani
- M.pd
- Manfaat dan Fungsinya
- Materi Bahasa Inggris Sekolah Dasar
- metode pembelajaran ppkn
- OLAHRAGA DAN KESEHATAN
- pedagogik Dosen pengampu Iis Aprina Wati
- pembelajaran ilmu Alam ipa
- Pengertian Agama Menurut Para Ahli
- Pengertian Bahasa : Sejarah
- Pengertian Bimbingan dan Konseling
- Pengertian Ilmu Pengetahuan
- PENGERTIAN KEBUDAYAAN
- Pengertian Konflik Sosial
- Pengertian Manusia dalam Alqur’an
- pengertian Pembelajaran Matematika
- Pengertian Perilaku Terpuji
- PENGERTIAN PSIKOLOGI
- pengertian seni budaya
- Penggolongan tumbuhan berdasarkan bunga
- Penyebab
- Perkalian
- Perkembangan
- Prima
- Rentang Usia Anak Sekolah Dasar
- Seni Tari Pulau Bali
- Sifat Benda Padat
- Teknologi dan Seni
- Teori Globalisasi
- Tsunami – Pengertian
- Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Video
slider
Recent
Powered by Blogger.
Seni Tari Pulau Bali
Seni Tari advertisement Seni tari adalah Ungkapan perasaan jiwa untuk mengutarakan tujuan tertentu yang dikemas apik...
Followers
Followers
Total Pageviews
1,347
Search This Blog
Archive
- December 2018 (29)
- November 2018 (25)
- October 2018 (2)
Click here to load more...
Post A Comment:
0 comments: