A. MATERI DAN RUANG LINGKUP IPS
Ilmu pengetahuan sosial merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya (Trianto, 2010: 171). Senada dengan pendapat Trianto dan Wahyudi (2002) mengungkapkan bahwa di sekolah dasar ilmu pengetahuan sosial merupakan paduan dari sejumlah pengetahuan sosial seperti lingkungan sosial, geografi, ekonomi, pemerintah, dan sejarah. Pembelajaran IPS di SD mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. (Depdiknas, 2006) Berdasarkan dari pendapat para ahli diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa ilmu pengetahuan sosial merupakan hasil integrasi dari sejumlah berbagai cabang ilmu sosial kehidupan yang menelaah dan mengkaji problematika yang terjadi di masyarakat. Problematika yang terjadi di masyarakat sebagai isi dari pembelajaran IPS terjadi karena dipengaruhi oleh globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan komunikasi. Untuk itu pembelajaran IPS mencakup berbagai aspek kehidupan sebagai penyusunnya.
Menurut Wahyudi (2002) pembelajaran yang sering muncul dalam pembelajaran IPS di SD masih diwarnai oleh masalah umum yang terdapat dalam pendidikan di Indonesia, antara lain:
Kurangnya pemahaman terhadap kurikulum IPS terutama terhadap isi tuntutan garis-garis besar program pengajaran IPS.
Kesenjangan antara waktu yang dialokasikan dengan materi pelajaran.
Penggunaan sarana, prasarana, serta lingkungan sumber belajar yang kurang berdaya guna dan berhasil guna.
Latar belakang pendidikan tenaga pengajar yang tidak sesuai dengan mata pelajaran yanga ada.
Kurangnya penguasaan metodologi pengajaran IPS oleh guru sehingga kadang-kadang IPS dalam pengajarannya di kelas membuat siswa tidak menyenangi IPS.
Cakupan materi yang sering berubah karena perkembangan situasi.
Geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi adalah disiplin ilmu yang memiliki keterpaduan yang tinggi. Pembelajaran geografi memberikan wawasan mengenai wilayah-wilayah, sedangkan sejarah berkenaan dengan peristiwa-peristiwa dari berbagai periode. Ekonomi menjelaskan peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi dalam masyarakat dan kebijakan-kebijakan pemerintah (penguasa) berkaitan dengan ekonomi. Sosiologi merupakan ilmu-ilmu tentang perilaku seperti konsep peran, kelompok, institusi, proses interaksi dan kontrol sosial. Secara intensif konsep-konsep seperti ini digunakan ilmu-ilmu sosial dan studi-studi sosial
Dengan demikian ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi:
a. Sistem sosial dan budaya
b. Manusia, tempat, dan lingkungan
c. Perilaku ekonomi dan kesejahteraan
d. Waktu, keberlanjutan, dan perubahan
e. Sistem berbangsa dan bernegara
Sebagai program pendidikan, Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki misi khusus, yaitu: pertama, membantu peserta didik mengembangkan potensi-potensi dirinya dan menggali serta mengembangkan sumber-sumber fisik dan sosial di lingkungan sekitarnya, sehingga dapat hidup selaras dengannya. Kedua, mempersiapkan peserta didik menyongsong kehidupannya di masa depan dengan penuh harapan dan kemampuan memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi.
B. KAJIAN ISI IPS
Setiap manusia sejak lahir telah berinteraksi dengan manusia lain, misalnya dengan ibu yang melahirkannya, ayahnya, dan keluarganya. Selanjutnya setelah usia taman Kanak-kanak ia akan berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya, dan dengan gurunya. Sesuai dengan bertambahnya umur, maka interaksi tersebut akan bertambah luas, begitu juga ia akan mendapat pengalaman dan hubungan sosial dari kehidupan masyarakat disekitarnya.
Keadaan seperti itu dalam kehidupan manusia termasuk aspek geografi. Aspek ini dapat dijadikan petunjuk tentang karakteristik setempat yang berhubungan dengan kehidupan manusia yang terkait dengan kondisi setempat.
Setelah kita pelajari ternyata kehidupan itu banyak aspeknya, meliputi aspek-aspek:
1. hubungan sosial: semua hal yang berhubungan dengan interaksi manusia tentang proses, faktor-faktor, perkembangan, dan permasalahannya dipelajari dalam ilmu sosiologi
2. ekonomi: berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan manusia, perkembangan, dan permasalahannya dipelajari dalam ilmu ekonomi
3. psikologi: dibahas dalam ilmu psikologi
4. budaya: dipelajari dalam ilmu antropologi
5. sejarah: berhubungan dengan waktu dan perkembangan kehidupan manusia dipelajari dalam ilmu sejarah
6. geografi: hubungan ruang dan tempat yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia dipelajari dalam ilmu geografi
7. politik: berhubungan dengan norma, nilai, dan kepemimpinan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dipelajari dalam ilmu politik.
C. ILMU SOSIAL DAN SUMBANGANNYA
Achmad Sanusi memberikan batasan tentang Ilmu Sosial (Saidihardjo,1996.h.2) adalah sebagai berikut: “Ilmu Sosial terdiri disiplindisiplin ilmu pengetahuan sosial yang bertarap akademis dan biasanya dipelajari pada tingkat perguruan tinggi, makin lanjut makin ilmiah” Sedangkan menurut Gross (Kosasih Djahiri,1981.h.1), Ilmu Sosial merupakan disiplin intelektual yang mempelajari manusia sebagai makluk sosial secara ilmiah, memusatkan pada manusia sebagai anggota masyarakat dan pada kelompok atau masyarakat yang ia bentuk.
Selanjutnya Nursid Sumaatmadja, menyatakan bahwa Ilmu Sosial adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia baik secara perorangan maupun tingkah laku kelompok. Oleh karena itu Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan mempelajari manusia sebagai anggota masyarakat. Tingkah laku manusia dalam masyarakat itu banyak sekali aspeknya seperti aspek ekonomi, aspek sikap, aspek mental, aspek budaya, aspek hubungan sosial, dan sebagainya. Studi khusus tentang aspek-aspek tingkah laku manusia inilah yang menghasilkan Ilmu Sosial seperti ekonomi, ilmu hukum, ilmu politik, psikologi, sosiologi, antropologi, dan sebagainya. Jadi setiap bidang keilmuan itu mempelajari salah satu aspek tingkah laku manusia sebagai anggota masyarakat, ekonomi mempelajari aspek kebutuhan materi, antropologi mempelajari aspek budaya, sosiologi mempelajari aspek bidang keilmuan yang lain. Sedangkan yang menjadi obyek materialnya sama yaitu manusia sebagai anggota masyarakat.
unsur. yaitu:
bahasa
sistem pengetahuan’
organisasi sosial
sistem peralatan dan tekonologi
sistem mata pencaharian hidup
sistem kepercayaan dan
kesenian
dari tujuh unsur kebudayaan di atas, kalau kita pahami secara mendalam itu berarti semua komponen yang ada dalam kehidupan ini adalah bagian dari kajian itu sendiri. misalnya: individu memerlukan makanan untuk tetap bertahan hidup, dalam memperoleh makanan tersebut individu di atur oleh aturan yang berada di sekelilingnya baik dalam norma atau nilai-nilai. hal ini lebih lanjud adalah kecendrungan manusia yang memiliki sifat serakah sehingga kebutuhan akan makanan terkadang tidak mencukupi memenuhi kebutuhan individu-individu yang bersangkutan. sehingga di butuhkan aturan atau norma untuk tidak saling berperang atau terjadinya konflik.
About

Labels
- 4 Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Wajib Diketahui
- 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam Beserta Penjelasan dan Gambarnya
- A. Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli
- A.EFINISI BAHASA MENURUT PARA AHLI
- A.Jenis Sistem Perekonomian
- Akar
- Asli
- Aturan Menulis Arab Melayu
- BAB 2 PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP
- Bahasa indonesia
- Batang
- Besaran Fisika dan Satuan
- Bilangan Bulat
- BILANGAN REAL
- Cacah
- Cair Dan Gas
- Dampak
- dan Biji
- dan Komposit
- dan Tanda-tanda .
- Daun
- Desa kelahiranku
- Dosen Mufarizuddin
- Dosen Mufaruzuddin
- Dosen Pengampu
- Dosen Pengampu Mufarizuddin
- dosen pengampuh putri hana P
- Dosen Putri Hana P
- Dosen Rizki Ananda
- Dosen Yenni Fitra Surya
- Fadhilaturrahmi
- GERAK DASAR
- gerhana matahari
- Hakikat Pembelajaran IPA di Sekolah
- Hakikat Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
- HAKIKAT PENDIDIKAN JASMANI
- Jenis-jenis Penggolongan Hewan (Binatang)
- KARAKTERISTIK ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD)
- M.Jailani
- M.pd
- Manfaat dan Fungsinya
- Materi Bahasa Inggris Sekolah Dasar
- metode pembelajaran ppkn
- OLAHRAGA DAN KESEHATAN
- pedagogik Dosen pengampu Iis Aprina Wati
- pembelajaran ilmu Alam ipa
- Pengertian Agama Menurut Para Ahli
- Pengertian Bahasa : Sejarah
- Pengertian Bimbingan dan Konseling
- Pengertian Ilmu Pengetahuan
- PENGERTIAN KEBUDAYAAN
- Pengertian Konflik Sosial
- Pengertian Manusia dalam Alqur’an
- pengertian Pembelajaran Matematika
- Pengertian Perilaku Terpuji
- PENGERTIAN PSIKOLOGI
- pengertian seni budaya
- Penggolongan tumbuhan berdasarkan bunga
- Penyebab
- Perkalian
- Perkembangan
- Prima
- Rentang Usia Anak Sekolah Dasar
- Seni Tari Pulau Bali
- Sifat Benda Padat
- Teknologi dan Seni
- Teori Globalisasi
- Tsunami – Pengertian
- Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
- Video
slider
Recent
Powered by Blogger.
Seni Tari Pulau Bali
Seni Tari advertisement Seni tari adalah Ungkapan perasaan jiwa untuk mengutarakan tujuan tertentu yang dikemas apik...
Followers
Followers
Total Pageviews
1,325
Search This Blog
Archive
- December 2018 (29)
- November 2018 (25)
- October 2018 (2)
Click here to load more...
Post A Comment:
0 comments: